Gunung Semeru, Penuh Misteri dan Pesan Mistis dari Mbah Dipo

Chpills Media

Gunung Semeru
Gunung Semeru. (Pixabay)

Gunung Semeru, yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, bukan hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan berbagai kisah mistis yang menjadi bagian dari pengalaman pendaki. Berikut adalah beberapa cerita mistis yang pernah dialami oleh mereka yang menaklukkan puncak megah ini:

1. Penunggu Ranu Kumbolo:
Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo (Facebook)

Ranu Kumbolo, sebuah lokasi di Gunung Semeru, dikatakan menyimpan penunggu yang kerap muncul di tengah danau. Entitas ini dipercayai sebagai dewi perempuan. Pendaki diimbau untuk sampai di lokasi ini sebelum malam, mengingat adanya penampakan hantu pocong yang sering melayang-layang dengan wajah menyeramkan di sekitar danau.

2. Arca di Pos Arcopodo:
Pos Arcopodo Semeru
Pos Arcopodo Semeru (FB: Backpacker Nusantara)

Pos Arcopodo, tempat peristirahatan sebelum mencapai Puncak Mahameru, menyimpan misteri dengan adanya arca di ketinggian 3002 mdpl. Cerita beredar bahwa arca tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda menurut pengalaman pendaki. Ada yang mengatakan arca kecil, sementara yang lain menyebutkan sebaliknya. Kedua arca tersebut juga diceritakan tidak lagi lengkap, kehilangan kepala mereka. Legenda ini juga menyebutkan adanya seorang prajurit dari era Majapahit yang menjaga area tersebut.

3. Pakunya Pulau Jawa:
Paku Pulau Jawa Semeru
(Istockphoto)

Gunung Semeru dianggap sebagai paku Pulau Jawa dalam mitos lokal. Legenda menyebutkan bahwa para Dewa menancapkan gunung ini sebagai paku untuk menjaga stabilitas Pulau Jawa. Kisah ini berasal dari kitab kuno abad ke-15 yang mengisahkan bahwa dulu Pulau Jawa mengambang di lautan, dan Gunung Semeru ditancapkan oleh para Dewa untuk mengatasi situasi tersebut.

4. Mbah Dipo:
Mbah Dipo
“Kakek” by Basoeki Abdullah. (Pinterest)

Gunung Semeru memiliki figur misterius bernama Mbah Dipo, seorang juru kunci yang dikenal di kalangan pendaki. Meskipun sudah tiada, pesan-pesan Mbah Dipo tetap hidup. Salah satu pesan pentingnya adalah, jika Gunung Semeru meletus, pendaki sebaiknya tidak melarikan diri ke arah Gunung Sawur, melainkan harus berlari menuju sungai. Pesan ini menjadi sebuah petunjuk mistis yang masih dipegang teguh oleh beberapa pendaki Gunung Semeru.

5. Misteri di Kawasan Kelik:
Kawasan Kelik
Kawasan Kelik. (Foto: Ngalam.co)

Kelik, dekat dengan Danau Ranu Kumbolo, memiliki cerita misteri terkait dengan dua keramik berukuran 2 x 60 cm yang dikenal sebagai Kelik. Warna hitam dan putih dari kedua keramik ini disebut memiliki kaitan dengan para pendaki yang telah meninggal dalam perjalanan mendaki Gunung Semeru. Beberapa orang percaya bahwa makhluk tak kasat mata sering terlihat di kawasan ini, diyakini sebagai roh para pendaki yang telah meninggal.

Terkait

error: Content is protected !!